Rabu, 12 Juni 2013

Tips Sehat Puasa Ramadhan


Yeay !!!
Ramadhan segera tiba. Apa aja nih Persiapan untuk beribadah penuh di bulan suci ini ? pasti beragam lah ya ? oke disini saya akan berbagi tips tentang berpuasa yg sehat ala kadarnya. Ga usah ribet2 deh.. yuk cekidot ! :)
Berikut tipsnya :


1.    Jangan Tinggalkan Sahur ya !

Rasulullah SAW bersabda “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”, mengapa sahur begitu penting ? sebab saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan gizi selama ±14 jam. Nah saat sahur sebaiknya kita memperbanyak makanan berserat agar saat berpuasa proses pencernaan lebih lambat dan membuat kita tidak cepat lapar.

2.    Jangan menunda buka puasa !
Seharian tentunya energi kita terkuras dong, apalagi bagi mereka yg aktifitasnya padat huuft. Saat berbuka sebaiknya makan makanan yg manis seperti buah kurma,

Atau..Minum teh manis juga bisa,. Agar energi kita kembali lagi, usahakan jgn minum es atau minuman bersoda ya karna jenis minuman tsb bisa membuat pencernaan kita tidak berfungsi secara optimal. So, kalo ga mau terjadi hal yg gak2 mending jangan coba-coba deeh..

3.    Makanlah secara bertahap !
“Dug..dug..dug...dug...”
“Allahuakbar...Allahuakbar”
Allhamdulillah.. akhirnya udah bedug, biasanya ketika mendengar bedug rasa-rasanya semua makanan yg terhidang di meja makan pengen dilahap semua hihihi *perna ngalamin :D

Namun ternyata..makan terburu-buru itu ga baik buat kesehatan, seharian perut tidak terisi sebaiknya ketika berbuka minum/makan yg ringan2 dulu. Lalu dilanjutkan untuk sholat maghrib agar pencernaan bisa menyesuaikan dg makanan/minuman yg kita santab setelah seharian berpuasa. Selanjutnya setelah sholat baru deh menyantab makanan berat namun yg perlu di ingat, jgn terlalu kenyang ya agar saat sholat tarawih ga ketiduran hihihi :D

4.    Olahraga juga penting ! 
     

Berpuasa bukan jadi halangan utk berolahraga, supaya kita tetep bugar dan kelihatan fresh ketika berpuasa pilih olahraga yg ringan dan tidak membutuhkan energi terlalu banyak. Sholat tarawih juga bisa jadi alternatif, karena selain mendapat pahala kalori kita juga terbakar :D

5.    Konsumsi cukup Air Dan Bersyukur :) 
       

60% tubuh kita terdiri dari air, so agar tubuh bekerja secara maksimal minumlah 8 gelas air sebelum berpuasa keesokan harinya, jangan lupa bersyukur ya :)

6.    Kendalikan emosi !

Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa itu bukan sekedar menahan rasa lapar melainkan menahan hawa nafsu juga. Pasti kita ga mau dong, amal puasa kita berkurang karna marah-marah karna hal gak jelas ??!!
Tipsnya :
Ketika marah coba deh ambil wudhu, dan jgn lupa banyak dzikir ketika raut wajah udah kayak udang rebus hihihi
So, Keep Calm agar pahala yg kita dapat di bulan puasa gk bocor kemana2 :D
Nah.., Sekian tips yg saya berikan smoga bermanfaat.Dan mohon ma'af jika ada salah kata atau penulisan dengan bahasa yg seadanya hehe. trimakasih sudah membaca ☺


Wasssalamu’alaikum ^_^

#Allhamdulillah dapet award, Yeay ! \(´`)/

Syukron kak Dhiba, syukron Komik Muslimah

2 komentar: